Selasa, 09 Desember 2008

KOMPUTER


Siapa sih yang ngga kenal sama “kotak ajaib” ini? Di era digital seperti sekarang ini, komputer merupakan sesuatu hal yang wajar bila banyak orang memiliki perangkat tersebut. Tetapi tahukah anda bahwa ratusan tahun yang lalu, ketika komputer dilahirkan memiliki ukuran sebesar setengah dari lapangan sepakbola? Tahukah anda apabila ratusan tahun yang lalu komputer hanya dibuat untuk memperkuat senjata armada perang?
Mari kita membuka mata lebih lebar lagi mengenai perangkat yang sudah akrab di kehidupan kita ini.

SEJARAH KOMPUTER

Ketika itu sedang terjadi Perang Dunia ke dua. Kubu barat dan kubu timur saling berlomba menemukan senjata mematikan yang dapat membuat gentar para lawannya. Perang teknologi berawal pada tahun 1941, ketika Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu lalu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken, seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Kemudian pada tahun 1946, Dr. John Mauchly dan Prosper Eckert telah mencipta ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator). Yang terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Tidak puas dengan penemuan ENIAC, John Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.

Komputer Generasi Pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.

PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut. Istilah Computer berasal dari kata Compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Jadi apapun yang dilakukan oleh komputer, baik penampakan pada layar monitor, suara, gambar, dll. diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik.

Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.

Bentuk komputer yang dulu cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Perlengkapan elektronik (hardware) dan program (perangkat lunak/software) telah menjadikan sebuah komputer menjadi benda yang berguna.

COMPUTER BASED ON ICT’s
ICT’s adalah kepanjangan dari Information Communication and Technologies. Secara ringkas, ICT’s adalah sebuah proses penyampaian pesan komunikasi yang menggunakan media elektronik sebagai saluran penyampaian pesan. Sebagai contoh misalnya komputer, handphone, email, blog, social network, dsb. Kali ini kita akan membahas fungsi komputer sebagai salah satu dari bagian ICT’s.

Fungsi Pertama: Internet
Internet adalah sebuah layanan dalam dunia maya yang dapat digunakan untuk mencari informasi, berkomunikasi dengan dunia global, misalnya melalui email, blog, dan masih banyak social network lainnya. Selain itu dengan adanya Internet, proses penyaluran informasi (online Journalism) menjadi semakin mudah dan cepat.

Fungsi Kedua: Pengajaran
Saat ini kita banyak menemui sistem pengajaran jarak jauh, dimana antara sekolah dan murid dapat melakukan komunikasi melalui mediasi komputer (Computer Mediated Communication.)

Fungsi Ketiga: Komunikasi
Tidak bisa kita pungkiri bahwa pada saat ini komputer memegang peranan kita dalam berkomunikasi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Seiring dengan perkembangan zaman, cara berkomunikasi melalui surat perlahan mulai ditinggalkan karena dianggap terlalu repot dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Bagi sebagian besar masyarakat lebih memilih fasilitas Internet ataupun melalui SMS (short massaging service) melalui telepon genggam.

Fungsi Keempat: Memperkuat Kinerja Pegawai
Bayangkan saja jika sampai dengan saat ini para pegawai masih menggunakan mesin ketik untuk membuat laporan, proposal dll. Pasti akan menghabiskan waktu cukup banyak untuk mengetik. Dengan adanya komputer, kinerja pegawai dapat meningkat karena ada keefektifan waktu ketika mereka mulai bekerja dengan perangkat ini.


Komputer memang telah membawa peranan yang cukup besar dalam kehidupan kita saat ini. Dengan peranan itu pula komputer membawa dampak atau pengaruh, baik yang positif maupun negatif. Mau tidak mau, Komputer telah memberi pengaruh terhadap perkembangan budaya suatu masyarakat.

Harold Adam Innis, seorang professor dari kanada menyatakan sebuah stabilitas sebuah kebudayaan tergantung dari keseimbangan dan proporsi media. Hal ini menjelaskan bahwa peranan media begitu besar hingga mampu mempengaruhi stabilitas sebuah kebudayaan.

Innis membagi media menjadi 2 bagian;
Time biased media, yakni media yang bertahan mengahadapi waktu dan bertahan lama, sulit dihancurkan, berpengaruh pada pelestarian tradisi keagamaan dan ritual adat

Space biased media, yakni Media yang mudah dipindahkan, namun umurnya pendek, mendukung penyebaran kekuasaan karena penyebaran system administrasi

Demikianlah kita tahu sejarah dan fungsi dari Komputer. Ringkasan ini adalah sesuai dengan fakta yang ada sekarang. ICT’s telah menguasai sebagian besar kelangsungan hidup kita, dan tidak lama lagi akan menguasai keseluruhan hidup kita. teknologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia, dan bukan untuk menguasai kehidupan kita. jadilah bijak dalam menggunakan teknologi.

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Information_communication_technology
http://www.total.or.id/info.php?kk=computer
http://www.geocities.com/neo_vyper/
http://ittutor.net/forums/lofiversion/index.php/t9179.html

Bernard (51407122)

4 komentar:

WC on the spot mengatakan...

komputer kini segala-galanya buat semua orang. baik yang bekerja maupun pelajar. apalagi laptop / note book.
tiap tahun atau tiap beberapa bulan sekali selalu kaluar prouk baru yang lebih canggih. kadang mau beli bingung sendiri mau yang bagaimana.
kini tidak boleh gaptek lagi untuk semua orang. karena komputer sekarang digunakan oleh semua perusahaan dan semua sekolah untuk bertransaksi ataupu melihat pngumuman yang ada.
jadi ayo teman-teman kita harus mengajarkan ke semua orang yang kurang mengerti tentang komputer dan kegunaannya, biar gak gaptek lagi.
buat Indonesia menjadi lebih maju lagi dengan mengurangi orang yang gaptek.

shin-ann mengatakan...

waduh sejarah banget ya. jelaskan secara ringkas dan lugas aja lain kali. to the point gitu....
tapi bagus kok, sumber informatif banget

lovely_girl mengatakan...

waaaaaaahhhhhhhhhhh........panjang bgt tuh penjelasan...ternyata panjang juga yahh sejarah komputer..tapi sayang sekarang teknologi dah banyak disalahgunakan.....

Danie Cung Cung mengatakan...

Berat banget sih bahasanya.. *sedikit puyeng membacanya*

tapi we are need the computer, media, and internet!! hahaha.. gue banget!